beras bulog
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

Pemerintah Belum Bayar Utang, Buwas Sebut BULOG Bakal Rugi

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas mengatakan bahwa pemerintah seharusnya segera melunasi utang kepada perusahaan. Hal ini digunakan manajemen untuk menutup tanggung jawab perusahaan kepada kreditur.

Buwas mencatat bahwa bunga utang perusahaan terus bertambah. Sementara, total pokok utang perusahaan hingga akhir 2021 mencapai Rp13 triliun.

Adapun utang Bulog berasal dari pinjaman sejumlah perbankan BUMN atau Himbara. Menurutnya, jika utang tidak dilunasi, maka Bulog bakal mencatatkan kerugian berarti di tahun-tahun mendatang.

“Harusnya segera dibayarkan, kalau enggak Bulog rugi, makin lama dibayar bunga makin bertambah, utang kita Rp13 triliun, dari mana cadangan beras pemerintah (CBP) itu kan 1 juta (ton),” ujar Buwas, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga :  BULOG Jamin Stok Beras Aman Hingga Akhir 2020

Tercatat, piutang Bulog kepada pemerintah mencapai Rp4,5 triliun. Sementara, total utang Bulog kepada kreditur mencapai Rp13 triliun. Pembukuan utang dengan nilai jumbo tersebut dikarenakan adanya penugasan pemerintah berupa pengadaan CBP.

Dia menghitung, bila pada 2022 mendatang manajemen hanya menerima penugasan pengadaan CBP di angka 800.000-850.000 ton, maka kemungkinan jumlah utang akan berkurang.

Meski hal ini masih berupa perkiraan. Pasalnya, pemerintah juga belum memberikan kepastian berapa jumlah CBP yang akan dilakukan Bulog di tahun depan. Di lain sisi, manajemen juga belum menerima kepastian pelunasan piutang dari pemerintah.

“Kita harap ke depan ada satu kepastian, CBP hanya 800.000 sampai 850.0000, next utang kita tinggal Rp9 triliun, jadi makin kurang,” kata dia.

Baca Juga :  Komisi IV Singgung Buwas Harga Gula Masih Rp 16.000/Kg

Hanya saja, Buwas juga memperkirakan, pihaknya akan kembali melakukan pinjaman ke kreditur, bila ada penugasan tambahan dari negara. Langkah itu, bila pemerintah belum melunasi utangnya kepada Bulog.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ” Pemerintah Belum Bayar Utang, Buwas Sebut Bulog Bakal Rugi “, Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/pemerintah-belum-bayar-utang-buwas-sebut-bulog-bakal-rugi.