Penerapan BPNT Akan Mengurangi Outlet BULOG

kartu sejahtera bpnt bulog

Penerapan kebijakan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) program Rastra (beras sejahtera) dengan sistem kartu akan mengurangi outlet BULOG yang berdampak pada menumpuknya pengadaan beras. Selain itu, ke depan akan berdampak pada penyerapan gabah/beras petani oleh BULOG.

Guru Besar Ekonomi Pertanian dan Agribisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwidjono Hadi Darwanto mengatakan, berkurangnya penyerapan gabah/beras petani oleh BULOG tentu akan berdampak pada fluktuasi harga yang lebar ditingkat produsen atau petani.

“Berkurangnya outlet BULOG akan berdampak pula pada volume penyimpanan gabah/beras oleh BULOG serta menuntut BULOG harus mampu membuka outlet ke konsumen secara komersial, seperti penjualan dengan kemasan untuk berbagai macam kualitas beras,” ujarnya di Jakarta.

Menurut dia, kebijakan BPNT akan berdampak pada pengurangan kekuatan BULOG untuk stabilitas harga beras karena semakin sedikitnya stok yang dikelola BULOG, terutama hanya untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan untuk stabilisasi pangan.

“Kalau stok yang dikelola sedikit, maka BULOG tidak akan mampu melaksanakan stabilisasi harga di pasar. Otomatis semakin menurunkan kemampuan BULOG sebagai penyangga keberlanjutan ketersediaan pangan, terutama beras,” jelasnya.

Dwidjono melanjutkan, penerapan program baru mengganti program yang sedang berjalan sebaiknya dilakukan secara bertahap, untuk jangka waktu yang cukup. Sehingga memberikan waktu penyesuaian bagi instansi besar seperti BULOG.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*