Pujian dan PR dari Jokowi untuk Bulog

Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) memang sudah kodratnya jadi penyangga perut rakyat.

Tidak hanya menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan pokok, tapi juga menjamin agar petani yang dibeli produknya sejahtera.

Pesan itu kembali ditegaskan oleh Presiden Jokowi kepada Bulog, agar lembaga yang dipimpin Budi -Buwas- Waseso itu menjaga stok beras sehingga keseimbangan harga di pasar terjaga.

Dengan keseimbangan harga ini maka tidak ada pihak yang dirugikan. Secara sederhana, Jokowi ingin agar Bulog bisa menjaga keseimbangan.

Jangan sampai petani senang, tapi masyarakat yang tidak senang. Atau sebaliknya, jangan sampai masyarakat senang, tapi petani yang tidak senang.

Terlepas dari itu, Jokowi mengapresiasi Bulog karena Desember 2018 lalu stok beras di Perum Bulog lebih stabil jika dibandingkan beberapa tahun belakangan.

Kondisi ini memberi rasa aman karena persediaan stok beras dalam negeri cukup. Saat ini persediaan beras di Perum Bulog mencapai 2,1 juta ton. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar maupun masyarakat beberapa bulan ke depan.

Baca juga : Jokowi soal Beras: Jangan Sampai Masyarakat Senang, Petani Enggak Senang.

Presiden juga meminta Bulog untuk lebih giat menyelenggarakan operasi pasar supaya stok beras di gudang berkurang. Hingga pada akhirnya nanti bisa membeli beras dari petani.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*