Satgas Pangan Sidak ke Gudang BULOG. Ternyata Ini Temuannya

Ia menambahkan, berdasarkan koordinasi dengan Disperindag berkenaan dengan harga bahan pokok di pasar, ada beberapa komiditi yang mengalami kenaikan. Diantaranya, cabai merah kriting mencapai harga Rp 60 ribu.

“Ini dikarenakan distribusi cabai dari daerah medan dan mataram yang terkendala dengan transportasi karena cuaca dan keterbatasan alat pengangkut dalm rangka natal dan tahun baru 2018,” tegasnya.

Kemudian harga, telur ayam yang mencapai Rp 40 ribu disebabkan meningkatnya daya beli masyarakat dalam rangka natal dan tahun baru untuk membuat kue.

“Kita melakukan beberapa langkah koordinasi dengan Dinas  Perhubungan, Pelindo, KSOP, BUP dan Agen agen untuk membahas kelancaran bongkar muat sembako di Pelabuhan serta kelancaran pendistribusian,” sambungnya.

Selain itu, mereka juga ‎Melakukan operasi pasar jika dipandang perlu bilamana telah terjadi lonjakan harga dan kelangkaan dengan melibatkan stakeholder yang ada (tribunbatam).

Pemkab dan BULOG Natuna Gelar Operasi Pasar

Pemerintah Kabupaten Natuna bersama Bulog Ranai menggelar Operasi Pasar di beberapa kecamatan yang tersebar di Pulau Bunguran Besar.

Kegiatan yang digelar sejak 20 hingga 31 Desember ini diharapkan dapat menjaga disparitas harga bahan pokok.

“Ya betul, operasi pasar ini sudah kita lakukan sejak tanggal 20 kemarin. Pada operasi kali ini khusus untuk beras, kita ingin menjaga stabilitas harga bahan pokok beras, agar tidak terjadi lonjakan harga yang memberatkan masyarakat,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Ekonomi Mikro (Disprindagkop EM) Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda.

Momen ini, lanjutnya, sengaja dipilih karena diakhir tahun terdapat perayaan hari besar yakni perayaan Natal dan peringatan tahun baru.

Tidak hanya itu, cuaca yang ekstrem juga menjadi penyebab terjadinya lonjakan harga bahan pokok di Natuna.

Operasi ini telah digelar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Bunguran Selatan, Bunguran Tengah, Bunguran Timur Laut serta Kecamatan Pulau Tiga dan Kec Bunguran Barat.

Untuk memenuhi operasi inu pemerintah dan Bulog mempergunakan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Gudang Bulog Ranai dan Bulog Sedanau Bunguran Barat.

“Kali ini kita sedang melakukan operasi di Kecamatan Bunguran Timur. Kegiatan ini kita gelar sejak hari ini hingga 31 Desember nanti, operasi kita pusatkan di Pantai Kencana Ranai,” ujarnya. (haluankepri)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*