Sebelum Rakyat Kelaparan, Pemerintah Bisa Instruksikan BULOG Atasi Ketahanan Pangan

Bencana nasional pandemi virus Corona atau Covid-19 masih terus melanda Indonesia dan berbagai negara di Indonesia. Korban meninggal dan positif terjangkit virus terus berjatuhan. Sektor ekonomi terus melemah dan bahkan terjun bebas.

Hal ini hampir dialami semua negara di dunia. Khusus di Indonesia, pemerintah harus terus sigap dan jeli menyelesaikan bencana nasional ini. Sebelum rakyat Indonesia dilanda kelaparan massal, pemerintah bisa instruksikan Bulog mengatasi ketahanan pangan.

Hal itu disampaikan Chairman John Caine Center (JCC) Najib Attamimi, kepada TIMES Indonesia, Sabtu (18/4/2020), di Jakarta. Menurutnya, bencana nasional Covid-19 berdampak sangat buruk pada semua kondisi Indonesia. Tidak hanya disektor ekonomi.

“Kondisi ini tidak bisa selesai satu atau tiga bulan kedepan. Apalagi bencana ini melanda Indonesia yang kondisi ekonominya sebelum ada virus Covid-19 sudah kurang baik. Apalagi kondisi sudah dilanda virus. Pemerintah harus mencarikan solusi terbaik, tepat dan efektif,” jelasnya.

Baca juga : BULOG Pastikan Stok Beras Selama PSBB Aman

Menurut Najib, begitu ia karib disapa, kondisi saat ini yang harus utama diperhatikan adalah kondisi ketahanan pangan. Bagaimana persiapan pangan untuk rakyat. Dalam kondisi bencana ini, sudah tidak ada orang kaya atau miskin. Semuanya sudah terjun bebas.

“Di Indonesia tidak sedikit warga miskin. Itu terjadi sebelum ada virus Covid-19. Setelah dilanda virus, akan banyak sekali calon rakyat miskin. Sebelum terjadi kelaparan massal, pemerintah harus bergerak cepat mengantisipasinya,” terangnya.

Apa gerakan dan kebijakan negara atau pemerintah? Menurut najib, pemerintah memiliki lembaga Bulog, sebagai pengendali dan tahu betul kondisi ketahanan pangan.

“Berapa banyak bahan pokok yang disimpan di gudang, berapa banyak lahan penghasil kebutuhan pokok di negeri ini. Bulog yang lebih detail mengetahuinya,” jelasnya.

Baca juga : Pemerintah Perlu Lebih Perkuat Peran BULOG Stabilkan Harga

Realisasi yang harus dilakukan pemerintah melalui Bulog rinci dia, adalah menggunakan Bulog sebagai lembaga penyalur kebutuhan pokok yang dibutuhkan rakyat. Bulog bisa menyalurkan kebutuhan pokok seperti beras dan kebutuhan pokok lainnya kepada pihak pemerintah desa.

“Karena di masing-masing desa di Indonesia, sudah ada lembaga Gugus Tugas penanganan virus Covid-19. Beras itu bisa disalurkan kepada pihak desa untuk disalurkan kepada rakyat sesuai dengan data yang ada. Sistemnya, masing-masing warga bisa disuplai beras untuk kebutuhan sebulan,” katanya.

Masing-masing rakyat katanya, mendapatkan buku atau kartu catatan untuk menerima bantuan yang dikomando Bulog dan dijalankan oleh pihak desa tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*