beras Bulog

Serapan Gabah/Beras BULOG Capai 1,2 Juta Ton Hingga Awal Desember

Penyerapan gabah/beras yang telah dilakukan oleh Perum BULOG hingga periode awal Desember telah mencapai sekitar 1,2 juta ton. Sementara itu target penyerapan gabah/beras BULOG tahun ini yaitu sebanyak 1,4 juta ton. Sekretaris Perum BULOG Awaludin Iqbal menyebutkan bahwa angka ini sudah mencapai 80% dari target yang ditetapkan.

Awaludin menyebutkan bahwa penyerapan stok BULOG kini telah berada di kisaran 1 juta ton sampai 1, 5 juta ton. Dengan demikian dari sisi kesiapan stok cadangan beras pemerintah (CBP) atau sesuai dengan  penugasan pemerintah kepada BULOG untuk menjaga stok di atas 1 juta ton, telah terpenuhi.

Ia menambahkan bahwa tugas Perum BULOG dalam upaya penyerapan bahan pokok adalah menjamin harga di tingkat petani, sehingga ditetapkan harga pembelian pemerintah (HPP). Menurut Awaluddin, untuk saat ini harga di tingkat hulu dan hilir bisa dikatakan stabil.

Baca Juga :  BULOG Jaga Stok Beras di Atas 1 Juta Ton

Lebih lanjut, Awaluddin menyebut bahwa penyerapan yang dilakukan BULOG dipengaruhi oleh beberapa, di antaranya faktor produksi dan stok yang tersedia di masyarakat. Hal ini disebabkan karena stok dan produksi akan mempengaruhi harga bahan pokok.

Awaluddin menuturkan bahwa Perum BULOG telah berupaya untuk menjaga stabilitas harga di tingkat hulu, dan juga menjaga stok yang sudah terpenuhi.

Sebagaimana diketahui, dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian Pemerintah untuk Gabah atau Beras, disebutkan bahwa dalam rangka pelaksanaan pengelolaan cadangan pangan pemerintah untuk gabah/beras, menteri menetapkan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah atau beras.

Peraturan inilah yang menjadi acuan untuk menetapkan harga bahan pokok di pasar di mana Perum BULOG berperan untuk mengatur ketersediaan dan stabilitas harga agar tetap menjangkau masyarakat.[]

Baca Juga :  BULOG Telah Serap Beras 1,23 Juta Ton Hingga Akhir November 2020

Sumber : https://nasional.kontan.co.id/news/hingga-awal-desember-penyerapan-gabahberas-BULOG-mencapai-12-juta-ton