Siap Serap Beras Saat Musim Panen, BULOG Segera Gelontorkan 500.000 Ton Beras

BERAS BULOG

Perum Bulog menargetkan, dapat menyalurkan beras hingga 500.000 ton menjelang panen raya yang diperkirakan dimulai para akhir Maret hingga April mendatang.

“Stok kami sekarang 1,7 juta ton, ini untuk kebutuhan puasa dan lebaran, belum ada panen satu bulan ke depan, kami prediksi Bulog akan keluarkan kurang lebih 500.000 ton dari 1,7 juta ton,” ujar Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Kamis (27/2).

Dengan menggelontorkan 500.000 ton, maka stok yang tersedia sebesar 1,2 juta ton. Dengan berkurangnya muatan gudang, Budi optimistis bisa menyerap beras sebanyak-banyaknya. Dia bahkan menargetkan bisa menyerap beras hingga 1,7 juta ton selama panen raya.

“Jadi kalau kami menyerap di Maret-April itu bisa berhasil 1,7 juta ton, berarti kami punya stok sudah hampir 3 juta ton, berarti aman. Maka masyarakat tenang untuk menghadapi masalah pangan, khususnya beras,” terang dia.

Baca juga : Jokowi Minta Rastra Dibuka Lagi, Buwas: Belum Terealisasi

Lebih lanjut Budi bilang, sebagai upaya untuk mengurangi pasokan, Bulog akan melakukan operasi pasar secara masif. Menurutnya, hingga saat ini pun sudah terdapat beberapa daerah yang memang membutuhkan beras Bulog untuk kebutuhan mendesak seperti beberapa kabupaten di luar Jawa mulai membutuhkan suplai beras dalam jumlah besar.

Terutama di wilayah Indonesia Timur seperti Nusa Tenggara Timur. Bulog, menurut dia, sangat mampu untuk memenuhi permintaan beras di daerah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*