beras bulog
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

Siapkan 9000 Ton Beras, BULOG Maluku Pastikan Stok Beras Aman Jelang Nataru

Menjelang momen natal dan tahun baru 2022, Perum BULOG Kanwil Maluku-Maluku Utara memastikan stok beras di gudang aman. Hal itu disampaikan langsung oleh Muhammad Taufik selaku Kepala BULOG Maluku-Malut pada Jumat (26/11/2021).

Ia menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan upaya antisipasi sejak dini untuk memenuhi kebutuhan stok beras pada periode hari besar keagamaan. Ia juga menegaskan bahwa Perum BULOG Maluku-Malut memiliki stok beras sebanyak 9000 ton di gudang. Stok tersebut dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat selama 5 hingga 6 bulan ke depan.

Taufik juga menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu merasa khawatir dengan ketersediaan stok beras sebab pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait untuk menjamin hal tersebut. Misalnya dengan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk memantau kondisi pasar.

Baca Juga :  Perum BULOG Timika Jamin Beras hingga Akhir Tahun

Selain memastikan ketersediaan stok beras, stok gula juga dipastikan cukup banyak tersimpan di gudang BULOG Maluku-Malut, yakni sebesar 65 ton. Di samping itu, Perum BULOG juga memiliki stok terigu sejumlah 11 ton untuk melayani permintaan masyarakat.

Di sisi lain, BULOG juga akan berpartisipasi untuk melakukan kegiatan pasar murah yang biasa diselenggarakan menjelang hari keagamaan. Upaya ini biasanya dilakukan untuk memudahkan penyaluran stok pangan kepada masyarakat.

Terkait jumlah stok yang disediakan untuk kegiatan operasi pasar murah, Taufik menyampaikan bahwa pihaknya siap untuk menyediakan stok sebesar-besarnya sesuai dengan permintaan masyarakat.

Hanya saja, beberapa bulan terakhir BULOG tidak bisa memasok beras dari hasil panen petani lokal di kabupaten, sebab kualitas beras yang dihasilkan tidak memenuhi syarat. Oleh karena itu BULOG harus melakukan upaya distribusi dari gudang terdekat yaitu Makassar dan harus mengeluarkan cost yang lebih besar.

Baca Juga :  BULOG Maluku Awasi Stok Bahan Pokok Jelang Nataru

Sumber : https://ambon.tribunnews.com/amp/2021/11/26/siapkan-9000-ton-BULOG-jamin-stok-beras-aman-jelang-natal-dan-tahun-baru-2022