beras bulog antara foto

Stok Beras BULOG Bondowoso Aman Selama Libur Nataru

Perum BULOG Bondowoso memastikan persediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bondowoso menjelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2022 masih aman.

Hal ini disampaikan Kepala Perum BULOG Bondowoso, Rudy Prasetya, pada Rabu (1/12). Beras jenis premium dan medium yang dimiliki BULOG Bondowoso mencapai 6.700 ton.

Rudy menerangkan bahwa stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) merupakan hasil pengadaan Perum BULOG Bondowoso selama kurun waktu setahun, di mana mulai bulan Januari hingga Nopember 2021, ketersediaan beras mencapai 6.700 Ton.

Menurut Rudy, stok tersebut masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Situbondo dan Bondowoso. Stok beras BULOG Bondowoso terbanyak pada bulan Mei, Juni dan Juli.

Ia pun mengimbau agar asyarakat tidak perlu khawatir karena pihaknya telah menjamin ketersediaan beras dan kebutuhan lainnya aman di masyarakat.

Baca Juga :  Komisi VI DPR-RI Kunjungi Gudang BULOG Tuk Cirebon

Rudy juga menguraikan bahwa beras premium yang tersedia jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan beras medium. Beras premium hanya mencapai 300 ton yang disiapkan untuk kebutuhan di dua wilayah yaitu Situbondo dan Bondowoso.

Sementara untuk beras medium yang tersedia sebanyak 6.400 ton, dan dialokasikan sebagai cadangan beras pemerintah (CBP). Adapun stok Gabah Kering Giling (GKG) sejak Januari-Nopember 2021 tersedia  sebanyak 2 ribu ton.

Terkait harga pokok pembelian (HPP) beras, BULOG saat ini membelinya dengan Rp 8.300 per kg. Sementara itu HPP gabah yaitu sebesar Rp 5.300 per kg. Harga tersebut mengacu sesuai harga yang ditentukan pada SK Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

Baca Juga :  Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Beras di Gudang BULOG Malang Aman

Selain beras, BULOG juga menyediakan stok kebutuhan pokok lainnya, seperti telur, gula, dan minyak goreng. Stok telur untuk saat ini stabil dan harganya masih terjangkau, yakni berkisar antara Rp 16 ribu sampai 20 ribu per kg.

Sementara itu, stok gula tersedia lima ton yang juga cukup untuk kebutuhan masyarakat. Adapun minyak goreng tercatat masih mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar. Namun Rudy berjanji pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok aman.

Sumber : https://radarbanyuwangi.jawapos.com/berita-daerah/situbondo/03/12/2021/stok-beras-kota-santri-aman-selama-libur-nataru