Stok Beras BULOG Lebih Rendah dari Tahun Lalu, Harga Aman?

stok beras bulog antara foto

Dia pun mengharapkan distribusi barang pokok ini dapat dipastikan kelancarannya, disertai dengan produksi yang mumpuni demi menjaga stabilitas harga.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan kenaikan permintaan berpotensi kembali terjadi pada akhir tahun yang bersamaan dengan peringatan Natal dan Tahun Baru.

Namun, kondisi ini diperkirakan akan dibarengi dengan pasokan yang berkurang pada sejumlah komoditas seiring terbatasnya aktivitas produksi yang dilakukan petani sebagai efek dari insentif harga yang berkurang selama pandemi.

Adapun komoditas yang perlu menjadi perhatian dan berpotensi naik, menurut Agus, di antaranya adalah beras. Meski harga selama pandemi relatif stabil karena pasokan yang cukup dan didukung program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) beras medium oleh Perum Bulog, tetapi risiko kenaikan tetap perlu diwaspadai.

“Stok beras [cadangan beras pemerintah] Perum Bulog saat ini lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, sementara kebutuhan penyaluran bantuan sosial masih tinggi,” kata Agus dalam keterangan resmi pekan lalu.

Selain beras, komoditas cabai merah dan bawang merah cenderung naik karena tren rendahnya pasokan pada akhir tahun dan mulai masuknya musim penghujan.

Harga minyak goreng pun cenderung naik akibat naiknya harga minyak sawit mentah (CPO). Meski demikian, dia memperkirakan harga minyak akan kembali pulih dalam beberapa waktu ke depan.

Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20201130/12/1324350/stok-beras-bulog-lebih-rendah-dari-tahun-lalu-harga-aman?utm_source=Desktop&utm_medium=Artikel&utm_campaign=BacaJuga_2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*