beras bulog antara foto

Stok Cukup, BULOG Yakin Tak Perlu Impor Beras

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan stok cadangan beras nasional dalam kondisi cukup. Sehingga, Indonesia tidak perlu impor beras untuk saat ini.

Dia mengungkapkan penyerapan beras di berbagai daerah sudah maksimal. Sehingga, cadangan beras dinilai cukup untuk disalurkan sampai akhir tahun.

Bahkan, penyerapan akan kembali dilakukan pada November, seiring dengan masa panen.

“September-November panen lagi, kita akan serap sebanyak mungkin. Itu merupakan cadangan. Kita berusaha tetap mengutamakan produksi dalam negeri,” ujar Buwas, sapaan akrabnya, dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari¬†Media Indonesia, Selasa, 23 Juni 2020.

Jika diperlukan impor, lanjut dia, harus tetap menyesuaikan kebutuhuan. Namun, Buwas optimistis Indonesia tidak akan impor beras sampai Desember.

Baca Juga :  BULOG Bangun Pabrik Pengolahan Beras di Food Estate Kalteng

“Tapi hitungan saya dengan Menteri Pertanian, sudah hitung dengan data BPS, asumsi Bank Indonesia, insyaallah sampai Desember (cadangan) kita cukup. Tidak perlu impor,” tegasnya.

Saat ini, stok beras di gudang Perum Bulog berkisar 1,4 juta ton. Terdiri dari cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 1,35 juta ton dan beras komersial sebanyak 56 ribu ton.

Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/ybJGJgwk-stok-cukup-bulog-yakin-tak-perlu-impor-beras

Leave a Reply