Stok Lama Sulit Tersalur, Penyerapan Beras BULOG Bisa Terganggu

beras bulog antara foto

Kinerja Perum Bulog di sisi hulu diperkirakan bakal terpengaruh oleh ketidakpastian dalam penyaluran stok beras yang dikelola oleh perusahaan pelat merah tersebut.

Target pengadaan beras dengan menyerap panen petani berpotensi melanjutkan tren penurunan seperti dua tahun terakhir.

Anggota Pokja Dewan Ketahanan Pangan Pusat Khudori mengemukakan 900.000 ton beras eks-impor yang masih tersimpan di gudang Bulog setidaknya telah mencapai usia 1,5 tahun. Durasi tersebut dinilainya bukanlah masa yang pendek.

Menurutnya, beras dengan kualitas baik sekalipun tetap memiliki kerentanan penurunan kualitas jika telah melalui masa penyimpanan yang lama.

“Beras impor mulai masuk setidaknya pada Maret 2018 silam. Kalau dihitung-hitung usianya sudah 1,5 tahun. Ini sudah lama, beras sendiri ketahanannya tergantung kualitas dan bagaimana sistem penyimpanannya,” kata Khudori kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Dia pun meramalkan perusahaan pelat merah tersebut bakal terkendala kala menjalankan tugas penyerapan beras petani jika stok lama ini tak kunjung dilepas dari gudang.

Selain membebani biaya pengelolaan, ancaman turun mutu bisa pula mengakibatkan kerugian materiel karena Bulog harus menjualnya di bawah harga pembelian.

“Biaya untuk mengelola stok tidaklah murah. Perlu dipastikan barang ini keluar karena berpotensi rusak seiring berjalannya waktu. Jika tidak, hal ini bakal berat bagi Bulog dan berimbas pada penugasan di hulu seperti pembelian beras petani,” tuturnya.

Namun tak maksimalnya penyerapan beras petani tak serta-merta menjadi kesalahan Bulog. Menurut Khudori, besar kecilnya volume pengadaan akan sangat tergantung pada penugasan di sisi hilir atau bagaimana amanat penyaluran beras yang diterima Bulog.

Seiring diterapkannya bantuan pangan non tunai (BPNT) sebagai pengganti bantuan sosial beras sejahtera, pengadaan beras Bulog tercatat terus mengalami penyusutan sejak 2017. Khudori mengatakan hal ini sejalan dengan terbatasnya ruang Bulog dalam menyalurkan stok beras yang telah diserap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*