Sudah Kantongi Izin, BULOG Perkirakan Gula Impor Mulai Masuk Akhir April 2020

Perum Bulog sudah mendapatkan izin impor gula kristal putih (GKP) sebesar 50.000 ton dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) pekan lalu. Bulog memperkirakan impor gula ini akan masuk secara bertahap mulai akhir April.

“Kami sudah melakukan tender dan sudah ada pemenangnya. Kami proyeksikan [impor gula masuk] akhir April sampai Mei,” ujar Sekretaris Perusahaan Bulog Awaluddin Iqbal kepada Kontan, Senin (13/4).

Nantinya, begitu impor gula tersebut masuk ke Indonesia, Iqbal mengatakan pihaknya akan menggelontorkan gula tersebut ke pasar dengan harga yang sampai konsumen di bawah atau sama dengan harga eceran tertinggi (HET) gula.

Baca Juga :  Badan Pangan Nasional dan Kebijakan Perberasan

“Intinya yang kita akan jual itu sama atau di bawah HET, karena tujuan kita untuk menstabilkan harga. Jadi maksimal harga yang kita jual adalah HET,” tambah Awaluddin.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula lokal hingga Selasa (14/4) sudah mencapai Rp 18.600 per kg, dimana angka ini lebih tinggi dari HET yang ditetapkan yakni sebesar Rp 12.500 per kg.

Baca Juga: Harga Gula Melambung, Bos BULOG Persoalkan Izin Impor Telat

Baca Juga :  Ekonom Sarankan Subsidi Silang Demi Cuan Holding BUMN Pangan

Awaluddin berharap dengan adanya impor gula yang diberikan, maka harga gula akan berangsur stabil.

Leave a Comment