Tak Dimusnahkan, BULOG Akan Lelang Beras yang Turun Mutu

budi waseso disposal beras

Dia mengatakan pihaknya membutuhkan kepastian apakah selisih antara harga lelang dan harga awal beras ketika dibeli Bulog akan diganti oleh pemerintah.

“Karena ini merupakan CBP, maka kami ajukan selisih harga pembelian tadi dengan harga jual ketika dilelang. Jika dulu kami beli Rp8.000 per kilogram dan harga setelah turun mutu sekarang Rp5.000 per kilogram, maka Rp3.000 akan diganti negara,” kata Budi.

Jika disetujui, Budi menyatakan pendapatan dari lelang tersebut akan menjadi pemasukan bagi Bulog yang akan dilaporkan ke Kementerian Keuangan. Dia menyatakan skema pelelangan belum bisa dijalankan sebelum keputusan dikeluarkan pemerintah.

“Pelelangan akan dijalankan nanti kalau sudah dinyatakan Kemenkeu ada penggantian negara. Hari ini tidak bisa karena belum ada keputusan bahwa negara akan membayar selisihnya,” ujar Budi.

Dari total stok CBP Bulog yang berjumlah sekitar 2,2 juta ton, Budi menyatakan terdapat sejumlah beras yang berpotensi  mengalami penurunan mutu. Adapun 20.000 ton yang mengalami turun mutu saat ini merupakan beras hasil pengadaan pada 2017.

Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20191203/99/1177130/tak-dimusnahkan-bulog-akan-lelang-beras-yang-turun-mutu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*