Tekan Harga Gula, BULOG Ditugasi Impor 29.750 Ton Raw Sugar

gula rafinasi

Perum Bulog mendapat penugasan impor gula mentah atau raw sugar sebesar 29.750 ton.

Stok gula mentah impor ini akan digunakan sebagai bahan baku Gula Kristal Putih (GKP) untuk konsumsi.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog Bachtiar mengatakan penugasan impor gula ini baru saja diputuskan dalam rapat koordinasi pangan dan perdagangan yang dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tadi.

“Kami tadi dapat 29.750 ton impor gula mentah. Kami akan langsung umumkan,” kata Bachtiar di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Jumat 6 Maret 2020.

Bachtiar menjelaskan Perum Bulog pada Jumat ini langsung mengumumkan lelang gula mentah agar proses impor dapat segera dilakukan.

Ia berharap komoditas gula mentah tersebut dapat masuk ke Indonesia sebelum Ramadan yang jatuh pada akhir April 2020, guna mengantisipasi gejolak harga gula karena tingginya permintaan.

Agar proses pengiriman gula lebih cepat, Bulog mempertimbangkan akan mengimpor dari negara yang berdekatan, seperti Thailand, Australia, dan India.

“Kalau sudah ada pemenang lelang ya secepatnya. Sebelum Ramadan kalau bisa. Hari ini kami umumkan, kalau sudah ada yang daftar langsung (proses),” kata Bachtiar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*